Obyek Wisata Pantai Kelingking Nusa Penida Bali

 

Terletak di Pulau Nusa Penida Barat, Kelingking Beach merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang mendapat perhatian para turis, baik lokal maupun mancanegara. Wajar saja, pantai ini memang memiliki pemandangan luar biasa indah.
Bukan hanya menyuguhkan kawasan pantai berpasir putih yang menggoda, tapi juga samudera luas yang bisa dilihat dari area atas tebing.
Warna laut yang biru mempesona, ombak besar menderu-deru kejauhan di pantai berbentuk jari kelingking (yang menjadi asal mula pengambilan namanya), hal tersebut akan menambah eksotisme di tempat ini.

Tidak heran, apabila pernah berkunjung kesini maka dipastikan akan ketagihan. Meskipun secara umum, akses jalan di Kelingking Nusa Penida terbilang masih sangat kurang memadai untuk sebuah destinasi di Pulau Terkenal sekelas Bali.

Lokasi Pantai Kelingking

Nama Kelingking Beach nampaknya masih asing di kalangan masyarakat kita dan belum banyak diketahui padahal tempat ini menyimpan keindahan yang sangat menakjubkan.
Bila ada yang belum tahu Pantai Kelingking di mana, Jawabannya adalah di daerah Pulau Bali.
Lebih tepatnya lokasi Kelingking Beach terletak di Nusa Penida Bali yaitu pulau kecil yang berada di dekat pulau Bali.
Lokasi Kelingking Beach beralamatkan di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida.
Pantai Kelingking adalah salah satu tempat yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi saat berwisata di pulau Bali.
Kelingking Beach Nusa Penida Bali menghadirkan keindahan surga yang tersembunyi dan masih jarang sekali wisatawan yang mengunjunginya.


Rute dan Lokasi

Nusa Penida sendiri adalah satu dari beberapa gugusan pulau kecil yang masih termasuk bagian Provinsi Bali. Bagian dari Bali 3 Nusa letak nusa penida ada di bagian Tenggara Pulau Bali dan dari segi adminstratif ada di Kabupaten Klungkung.
Lokasi tepatnya jika dilihat secara astronomis keletakannya diantara 08º 40’ Lintang selatan sampai 08º 50’ Lintang Selatan dan 115 º 29’ Bujur Timur sampai 115º 38’ Bujur Timur, kabupaten Klungkung – Bali 80771.
Rute untuk menuju Nusa Penida sebenarnya tidak begitu sulit. Anda bisa menggunakan kapal feri dari pelabuhan timur padang bai, dari pelabuhan kusamba klungkung atau dari Pantai Sanur.
Normalnya akan membutuhkan waktu tempuh 30-45 menit untuk sampai pulau tersebut dengan fast boat dari pantai sanur.
Untuk jarak dari Pelabuhan Nusa Penida barat Toyapakeh/Banjar Nyuh ke Kelingking Beach hanya 25 km atau sekitar 45 menit – 1 jam.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Apabila Anda memiliki rencana untuk berkunjung ke surga tersembunyi di Pulau Nusa Penida ini, maka sebaiknya datanglah di pagi hari sekitar pukul 7 pagi. Karena di jam tersebut masih sepi dari pengunjung dan anda bisa menikmati keindahan pantai ini tanpa terlalu banyak gangguan.
Karena meskipun selama dari pagi hingga sore 12 jam, kegiatan kunjungan wisatawan ditempat ini terbilang cukup padat. Terutama pada musim libur panjang.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Kelingking Beach

Umumnya banyak orang yang memiliki stigma bahwa pantai tetaplah pantai dimana hanya tentang air dan ombak. Namun, hal tersebut harus Anda buang jauh-jauh dari pikiran ketika berkunjung ke Kelingking beach.
Karena tempat ini menawarkan beragam pemandangan menarik yang bisa membuat Anda tidak mau pulang.

Berikut di bawah ini adalah beberapa aktivitas seru yang hanya ada di Pantai Kelingking, Bali :

1. Pantai Terletak di Bawah Tebing

Jika selama ini Anda sudah biasa menyaksikan pemandangan pantai yang berada di dataran luas. Berbeda dengan Kelingking, dimana pantainya terletak di bawah tebing terjal. Meskipun ada sebuah tangga curam untuk turun ke bawah.
Jika travela suka ber-adventure atau kondisi tubuh fit dan biasa naik turun gunung saran kami ada baiknya untuk turun ke bibir pantai putih di kelingking beach ini (Pastinya akan sangat menguras tenaga dan capek untuk turun dan naik ke pantai kelingking penida).
Tapi sangat tidak disarankan kepada wisatawan lainnya untuk turun karena sangat berbahaya. Sehingga disini, pengunjung tidak bisa bermain air namun masih bisa menikmati keindahan pantai tak tersentuh ini dari atas bukit saja.

2. Kepala Dinosaurus

Salah satu hal menakjubkan yang ada di Pantai Kelingking adalah pemandangan berupa karang dengan bentuk kepala dinosaurus (T-Rex). Tentunya sangat unik sekali melihatnya di tengah samudra lepas.
Dimana deburan ombak besar disekitarnya menjadi pelengkap keindahan. Anda yang memiliki hobi potografi, maka tidak boleh melewatkan Kelingking beach ini pada kunjungan ke Nusa Penida.

3. Pantai Bentuk Jari Kelingking

Seperti namanya, pantai kecil ini memang memiliki bentuk tidak biasa karena menyerupai jari kelingking manusia. Selain itu, gradasi lautnya yang sangat memukau juga menjadi pelengkap keindahan pantai ini.
Walauupun tidak bisa menceburkan diri di dalam airnya yang menakjubkan. Wisatawan dijamin tidak akan pernah kecewa, karena ada banyak spot foto yang bisa dieksplore di tempat ini.

4. Kelingking Swing & Kelingking Love

Di Kelingking Beach ini ada terdapat spot yang instagramable yaitu “Love Tree” namun sayang sejak bulan mei 2018 pohon tersebut telah rusak, mungkin sudah terlalu tua dan banyak pengunjung yang mengabadikan memanjat pohon tersebut hingga sekarang kita hanya bisa melihat sisa batang rapuhnya saja.

5. Titanic shipwreck kelingking

Lokasi ini ada di dekat pintu masuk kelingking beach. Jadi saat travela masuk dari loket tiket kelingking beach anda langsung laju lurus saja, jangan belok ke kanan dulu.
Puaskan dulu tuk berfoto di Titanic shipwreck kelingking ini lalu setelah itu bisa mengeksplor lokasi kelingking lainnya.

FAQ Pertanyaan Umum Kelingking beach

Berapa harga tiket masuk kelingking?

Harga tiket masuk kelingking beach secara resmi hanya dikenakan biaya sebesar 5.000 untuk wisatawan lokal.

Bisakah trekking turun ke pantai kelingking?

Tentu bisa tapi anda harus berada disana lebih pagi dan menghabiskan waktu seharian di kelingking. Turunan cukup curam dan melewati mungkin lebih 300 anak tangga alami.

Apa yang perlu dipersiapkan ke kelingking?
1. Sunblock
2. Kondisi Tubuh Fit
3. Botol Mineral Water
4. Topi dan Sun glass
5. Masker (karena jalan menuju lokasi berdebu)
6. Camera

No comments

Powered by Blogger.